Tuesday, April 26, 2011

Contoh Salam Pembuka dan Susunan Acara (MC)

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua

- Yang terhormat Ketua TP PKK Kecamatan Taman Sari Ibu Inad Rustam SE
- Yang terhormat Ketua TP PKK Kelurahan beserta jajarannya.
- Yang terhormat Ketua tim PKK RW dan para kader sekecamatan Taman Sari
- Hadirin Hadirat yang saya cintai

1. Pada hari ini Rabu 4 Februari 2009 dalam acara pertemuan rutin sekaligu arisan, yang dilaksanakan setiap sebulan sekali di ruang PKK kecamatan Taman Sari. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, karena atas berkah dan rahmatnya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat.

2. Mengawali acara pada pagi hari ini, marilah kita bersama-sama menyanyikan lagu mars PKK, yang akan dipandu oleh ibu Rustini.
- Kepada hadirin di mohon untuk berdiri
- Terima Kasih hadirin dipersilahkan duduk kembali

3. Acara yang pertama yaitu Demo Masak dari kelurahan Tangki

4. Untuk acara selanjutnya yaitu sambutan dan perkenalan ketua TP PKK Kelurahan Tangki yang baru Ibu Murni Hasyim selaku panitia acara, waktu dan tempat dipersilahkan
- Terima Kasih atas sambutannya
- Untuk diketahui bahwa ketua TP PKK Kelurahan Tangki yang lama yaitu Siti Awaliyah telah berpindah tugas mengikuti Bapak Lurah Mas’ud Effendi ke Kelurahan Joglo Kecamatan Kembangan.

5. Acara berikutnya yaitu mendengarkan pengarahan sekaligus bimbingan dari Ketua TP PKK kecamatan Taman Sari Ibu Inad Rustam SE dipersilahkan.
- Terima Kasih
Semoga semua yang disampaikan oleh Ibu Camat dapat membuat kita lebih maju ke depan dalam segala hal.

6. Selanjutnya adakah acara yang telah ditunggu-tunggu oleh kita sekalian yaitu pengocokan arisan.

7. Untuk lebih khidmatnya acara ini marilah kita bersama-sama membacakan doa yang akan dipimpin oleh Ustadzah Hj. Sukmanah. Kepadanya dipersilahkan. Terima Kasih mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Allah swt

8. Demikianlah Acara pada pagi hari ini saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kata-kata dan ucapan saya yang salah

9. Kesempurnaan adalah milik Allah Kekurangan adalah milik saya sebagai makhluk ciptaannya.

10. Saya akhiri dengan wabilahi taufik wal hidayah wassalamualaikum Wr Wb

merancang pesta ulang tahun

Saat ini, pola hidup masyarakat Indonesia telah sedikit terpengaruh oleh budaya kebarat-baratan, baik dari segi penampilan hingga gaya hidup. Seperti halnya kita sebagai kaum remaja Indonesia, sebagian besar gaya hidup cenderung mengalami pergeseran dari budaya ketimuran, kini beralih kebarat-baratan.
Contohnya seperti anggapan dari sebagaian besar kaum remaja bahwa suatu hal kewajiban untuk merayakan kedatangan usia ke 17 atau lebih dikenal dengan sebutan sweet seventeen. Berbagai perayaan besar dapat dilakukan untuk menyambut usia tujuh belas ini. Sebab dengan berlangsungnya pesta ulang tahun sweet seventeen yang meriah dan berkesan, akan menjadi peristiwa terindah dalam masa-masa remaja. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pesta ulang tahun yang berkesan dan menarik.
Berikut merupakan langkah sederhana dalam merancang pesta ulang tahun yang berkesan:
  1. Tentukan terlebih dahulu total dana yang dapat disediakan untuk acara pesta ulang tahun. Sumber dana dapat diperoleh dari orang tua atau seperempat bagian dari tabungan kita. Jangan menggunakan semua uang tabungan hanya untuk membuat suatu pesta.
  2. Tentukan lokasi acara pesta ulang tahun dengan pertimbangan dana anggaran. Seperti outdoor, indoor, di rumah, restoran, atau menyewa sebuah gedung.
  3. Membuat tim panitia acara pesta. Seperti panitia acara, konsumsi, dokumentasi, dekorasi, pencahayaan, transportasi, operasional, dan publikasi.
  4. Buatlah konsep atau tema pesta yang menarik. Tema dapat diperoleh dengan mempertimbangkan hal-hal yang disenangi oleh yang berulang tahun. Contohnya bila kita menyenangi permainan boneka Barbie mungkin bisa membuat konsep pesta topeng Barbie.
  5. Mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam pesta, seperti dekorasi, pencahayaan, dokumentasi. Biasanya, maksimal tiga bulan sebelum acara, untuk mencari rekanan yang tepat dalam penyelenggaraan pesta.
  6. Makanan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Apakah ingin menggunakan jasa katering atau ingin mengolah masakan sendiri. Bila ingin mengolah makanan sendiri, maka perhatikan sumber daya manusia, peralatan, tempat memasak, ketepatan waktu dan biaya operasional.
  7. Kue ulang tahun juga harus diperhatikan. Dari segi dekorasi kue, rasa, waktu tahan lama kue dan harganya.
  8. Buatlah konsep acara semenarik mungkin. Misalnya, acara dikombinasi dengan permainan-permainan yang menarik, sehingga semakin menghidupkan suasana pesta.
  9. Bila ingin memberikan kenang-kenangan atau souvenir, maka maksimal persiapan dilakukan dua bulan sebelum acara berlangsung. Souvenir dapat berupa kerajinan tangan, yang dapat kita lakukan sendiri.
  10. Ketika semua telah mendapat kepastian dan dipersiapkan secara matang, buatlah undangan pesta ulang tahun yang sebaiknya disebar 1-2 minggu sebelum acara berlangsung.

merancang pesta ulang tahun

Saat ini, pola hidup masyarakat Indonesia telah sedikit terpengaruh oleh budaya kebarat-baratan, baik dari segi penampilan hingga gaya hidup. Seperti halnya kita sebagai kaum remaja Indonesia, sebagian besar gaya hidup cenderung mengalami pergeseran dari budaya ketimuran, kini beralih kebarat-baratan.
Contohnya seperti anggapan dari sebagaian besar kaum remaja bahwa suatu hal kewajiban untuk merayakan kedatangan usia ke 17 atau lebih dikenal dengan sebutan sweet seventeen. Berbagai perayaan besar dapat dilakukan untuk menyambut usia tujuh belas ini. Sebab dengan berlangsungnya pesta ulang tahun sweet seventeen yang meriah dan berkesan, akan menjadi peristiwa terindah dalam masa-masa remaja. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pesta ulang tahun yang berkesan dan menarik.
Berikut merupakan langkah sederhana dalam merancang pesta ulang tahun yang berkesan:
  1. Tentukan terlebih dahulu total dana yang dapat disediakan untuk acara pesta ulang tahun. Sumber dana dapat diperoleh dari orang tua atau seperempat bagian dari tabungan kita. Jangan menggunakan semua uang tabungan hanya untuk membuat suatu pesta.
  2. Tentukan lokasi acara pesta ulang tahun dengan pertimbangan dana anggaran. Seperti outdoor, indoor, di rumah, restoran, atau menyewa sebuah gedung.
  3. Membuat tim panitia acara pesta. Seperti panitia acara, konsumsi, dokumentasi, dekorasi, pencahayaan, transportasi, operasional, dan publikasi.
  4. Buatlah konsep atau tema pesta yang menarik. Tema dapat diperoleh dengan mempertimbangkan hal-hal yang disenangi oleh yang berulang tahun. Contohnya bila kita menyenangi permainan boneka Barbie mungkin bisa membuat konsep pesta topeng Barbie.
  5. Mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam pesta, seperti dekorasi, pencahayaan, dokumentasi. Biasanya, maksimal tiga bulan sebelum acara, untuk mencari rekanan yang tepat dalam penyelenggaraan pesta.
  6. Makanan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Apakah ingin menggunakan jasa katering atau ingin mengolah masakan sendiri. Bila ingin mengolah makanan sendiri, maka perhatikan sumber daya manusia, peralatan, tempat memasak, ketepatan waktu dan biaya operasional.
  7. Kue ulang tahun juga harus diperhatikan. Dari segi dekorasi kue, rasa, waktu tahan lama kue dan harganya.
  8. Buatlah konsep acara semenarik mungkin. Misalnya, acara dikombinasi dengan permainan-permainan yang menarik, sehingga semakin menghidupkan suasana pesta.
  9. Bila ingin memberikan kenang-kenangan atau souvenir, maka maksimal persiapan dilakukan dua bulan sebelum acara berlangsung. Souvenir dapat berupa kerajinan tangan, yang dapat kita lakukan sendiri.
  10. Ketika semua telah mendapat kepastian dan dipersiapkan secara matang, buatlah undangan pesta ulang tahun yang sebaiknya disebar 1-2 minggu sebelum acara berlangsung.

Langkah langkah Menyiapkan Pesta Pernikahan

Konsep dalam mempersiapkan pesta pernikahan atau perkawinan merupakan suatu rencana atau rancangan awal yang disusun untuk menyelenggarakan pesta. Mulai dari konsep yang bisa terlihat seperti warna dekorasi, baju pengantin, sampai konsep yang tidak terlihat seperti suansa romantis, elegan, dll. Konsep ini harus sudah dipersiapkan sejak awal karena konsep menjadi ide dasar dari sebuah pesta perkawinan.
Adapun hal – hal yang menjadi bagian dari menyusun konsep yaitu:

1. Tema Pesta
Sebuah tema akan memberikan warna keseruhan bagi sebuah pesta pernikahan, karena tema diaplikasikan pada berbagai hal seperti dekorasi, baju pengantin, bunga, entertainment, undangan, sampai souvenir yang satu sama lain harus senantiasa memiliki harmonisasi.

Tema identik dengan sesuatu yang unik. Keunikan ini berawal dari sebuah ide. Langkah pertama untuk menciptakan sebuah ide dapat dimulai dengan membuat daftar apa yang disuka dan tidak disukai oleh calon pengantin. Entah itu musik, style, warna, artis favorit atau hobi. Tema pernikahan tidak perlu terlalu rumit, misalnya warna. Tetapi tema tidak hanya terinspirasi dari warna, tetapi juga bisa dari budaya tradisi, misalnya tema tradisional, dapat ditentukan ingin mengambil tema dari budaya daerah mana atau bisa dari budaya daerah kelahiran. Tema – tema lainnya yaitu gaya klasik, gaya natural, gaya kontemporer, gaya romantik, dll.
2. Anggaran
Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran. Dalam menyusun anggaran sangat berkaitan erat dengan tema, seperti jenis dan model seperti apa yang akan dipesan. Misalnya, ingin menggunakan tema natural maka pemilihan tempat sebaiknya yang mewakili tema tersebut misalnya di hotel yang memiliki view alam yang indah. Namun jika ingin menghemat anggaran, pesta dapat dilaksanakan di kebun keluarga yang cukup.

Penyusunan anggaran ini tentu memandu kita agar membuat berbagai alternatif pilihan yang disesuaikan dengan tema. Karena pada dasarnya, menyelenggarakan pesta pernikahan yang sukses bukan berarti harus dengan sesuatu yang serba mahal. Yang terpenting bisa mengoptimalkan dana yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan kecermatan dalam membuat anggaran. Misalnya, mengenai prioritas anggaran yang ada. Bagian mana yang lebih diprioritaskan dan mana yang bisa dihemat. Sebagai contoh, jika ingin menjamu tamu dengan makanan yang enak, maka catering menjadi prioritas tetapi kita bisa menghemat di bagian lain misalnya baju pengantin tidak harus dibeli tetapi cukup disewa. Jangan sampai terjerat hutang demi mengadakan sebuah pesta pernikahan impian yang mewah dan megah.Setelah pasangan bisa memperkirakan besarnya biaya pesta pernikahan, harus mulai mempertimbangkan dari mana sumber dananya. Apakah mempelai akan membiayai sendiri pernikahannya atau ada peranana dari pihak keluarga. Yang terpenting harus didiskusikan terlebih dahulu, agar tidak timbul konflik di kemudian hari.
3. Waktu Pelaksanaan
Dalam menyusun waktu pelaksanaan sebaiknya dipilih dua tanggal sebagai alternatif dan back up bila pada tanggal yang diinginkan tidak memungkinkan diadakan pesta. Konsultasikan pula dengan orang tua atau keluarga dan kerabat, karena biasanya orang tua memiliki hari dan tanggal yang baik untuk menyelenggarakan sebuah perkawinan.
Penentuan tanggal ini, berkaitan dengan penentuan tempat pernikahan dan juga memudahkan untuk mengatur waktu bagi mempelai yang bekerja kantoran.
4. Survey Tempat
Hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi penyelenggaraan pesta, yaitu:
a. Keuntungan dan kerugian lokasi tersebut

b. Kapasitas tamu

c. Fasilitas yang dimiliki (termasuk juga katering)

d. Untuk pesta outdoor, perjelas alternatif yang akan dilakukan pengelola jika cuaca tidak memungkinkan

e. Biaya – biaya tambahan seperti listrik, penggunaan ruang, kapasitas parkir, urusan perijinan, keamanan, dll

f. Sistem pembayaran, misalnya berapa down payment yang harus dibayarkan sebagai tanda jadi, kapan pelunasan, dll.

g. Perjelas pula mengenai kemungkinan terjadinya pembatalan atau perubahan tanggal.

h. Lokasi strategis dan mudah dijangkau
i. Jika muncul ketidakpuasan dari penyewa, bagaimana tindakan pengelola lokasi.
j. Jika sudah menetapkan suatu tempat sebagai lokasi pernikahan harus ada kontrak/perjanjian yang jelas (hitam di atas putih)
5. Undangan
Undangan bukan sekedar sehelai kertas, tetapi merupakan first impression yang menghubungkan pasangan dengan yang akan diundang. Untuk itu pilihlah undangan yang dapat mewakili karakter dan juga pesta seperti apa yang akan diselenggarakan. Dalam menentukan undangan sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:
a. Sesuaikan dengan tema pesta, misalnya untuk warna undangan, corak, bentuk, dan jenisnya.

b. Lamanya waktu pembuatan undangan.

c. Harga undangan dan cara pembayarannya baik untuk down payment maupun untuk pelunasan.

d. Design dan kualitas undangan (kertas, pengerjaan, dll)
Setelah menentukan undangan seperti apa yang dipilih, selanjutnya adalah hal – hal yang akan ada dalam undangan, yaitu:
a. Nama mempelai

b. Nama kedua orang tua dari kedua mempelai

c. Tanggal, waktu, dan lokasi

d. Acara apa yang diharapkan dihadiri oleh tamu undangan, misalnya, akad nikah, atau upacara adat. Jika memungkinkan diberikan undangan yang terpisah untuk masing – masing acara.

e. Dress code (jika dipandang perlu)

f. Peta lokasi

g. Hal – hal lain yang dipandang perlu misalnya doa atau kata mutiara.

Setelah undangan ditentukan, selanjutnya adalah membuat daftar undangan. Membuat daftar undangan adalah tugas terberat bagi calon pengantin. Biasanya yang menjadi masalah ketika calon mempelai berasal dari dua keluarga besr dan juga memiliki banyak teman. Di satu sisi, calon pengantin harus mampu menyesuaikan jumlah undangan dengan kapasitas ruangan serta biaya yang tersedia tapi di sisi lain juga dituntut untuk menyusun daftar undanga secara lengkap agar tidak ada pihak yang merasa disepelekan atau sakit hati karena tidak diundang. Jika dalam penyusunan daftar undangan melibatkan keluarga, calon mempelai tetap yang memegang kendali dalam menentukan siapa yang perlu dan tidak perlu diundang. Tetapi harus tetap mendengarkan aspirasi dari keluarga, agar tidak ada yang tersinggung. Untuk mengantisipasi konflik keluarga dalam pemilihan tamu undangan, bisa diatur porsi masing – masing pihal yaitu dengan membagi 3 total undangan. 1/3 masing – masing untuk orang tua calon pengantin dari kedua belah pihak dan sisanya adalah bagian calon pengantin.
Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam menyusun daftar undangan:
- Tulis lebih dulu tamu yang akan diundang ke pesta pernikahan berdasarkan kedekatan. Utamakan keluarga, sahabat, rekan kerja, tetangga, dst. Dahulukan pengiriman undangan kepada kerabat atau orang yang dituakan. Kartu undangan harus sampai ke tangan penerima sekitar dua minggu sebelum hari – H.
- Ingatlah untuk lebih mendahulukan mengundang mereka yang kemungkinan besar bisa datang daripada mengundang mereka yang hanya sepintas dikenal dan belum tentu bisa datang.
- Tentukan berapa jumlah orang yang akan diundang, baik dari mempelai wanita maupun pria, dan juga orang tua. Perlu adanya kesepakatan terhadap jumlah tamu ini karena berkaitan dengan undangan yang akan disebar.
- Rencanakan segala sesuatunya untuk tamu undangan yang datang dari luar kota/luar negeri. Berikan pada mereka informasi yang perlu terutama mengenai pesta pernikahan. Jika pasangan tidak bisa menservis jangan lupa untuk memberi ucapan selamat datang saat kedatangan mereka beserta info – info tambahan yang mungkin berguna.
- Usahakan untuk tidak membuat undangan yang ditujukan secara kolektif karena kita tidak akan pernah bisa menghitung dengan pasti berapa jumlah tamu yang akan datang.
- Saringlah nama – nama yang tertulis dalam daftar undangan yang sudah dibuat.
6. Baju Pengantin
Baju pengantin merupakan aksesoris utama dalam sebuah pernikahan. Pemilihan baju ini disesuaikan dengan tema dan lokasi acara. Jika pesta pernikahan dilakukan outdoor maka kita pasti akan lebih memilih bahan yang menyerap keringat, simpel, ringan, dan membuat leluasa bergerak.
Untuk menciptakan kesan elegan, bju pengantin yang digunakan tidak harus membeli tetapi bisa menyewa atau meminjam. Tetapi jika ingin membuat baju pengantin, rajin – rajinlah membaca majalah mode terbaru, atau melihat – lihat model melalui internet, lalu konsultasikan model dan bahannya pada penjahit yang dipilih. Diusahakan model dan bahan baju penantin yang akan dibuat nyaman untuk dikenakan dan sesuai dengan karakter, serta dapat membuat tampi lebih percaya diri. Selama proses penjahitan gaun, rajinlah untuk melakukan fitting karena ukuran tubuh manusia akan selalu berubah.
7. Tata Rias Wajah dan Rambut
Saat memilih gaya bermake up untuk hari pernikahan sebaiknya mempelai wanita berkonsultasi pada seorang make up artist yang dipercaya. Make up artist tersebut tentu akan memberi kebebasan dalam menentukan warna atau gaya yang diinginkan, tapi tentu akan memberi banyak masukan termasuk trend terkini.
8. Katering
Beberapa tempat pernikahan biasanya sudah sekaligus melayani katering, namun harga yang ditawarkan tentu jauh lebih mahal karena mereka menggunakan sistem paket yang kesemuanya dijadikan satu mulai dari katering, dekorasi, sampai dokumentasi. Hal ini tentu dikembalikan lagi pada anggaran yang tersedia.
Berikut hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih katering dan menunya:
a. Tanyakan secara rinci mengenai paket menu dan variasi makanan yang tersedia, tambahan biaya jika membawa beberapa makanan tambahan, waktu yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan, tanggung jawab pihak katering terhadap kebersihan saat pesta berlangsung, hingga cara pembayaran.

b. Tanyakan pengemasan katering seperti dekorasi yang ditawarkan saat pesta pernikahan.
c. Kisaran harga prasmanan, paket, gubukan, dan minimum pemesanan.

d. Pilihlah menu yang sesuai selera umum. Jika tetap menginginkan menu yang sedikit ”aneh” sebaiknya tidak terlalu banyak macamnya. Karena mungkin memang ada beberapa tamu yang mau coba – coba tetapi sebagian besar tamu lebih memilih makanan yang ”aman” dan nyaman bagi lidah mereka.

e. Pilih menu yang variatif dan minta pada pihak katering untuk menyajikan semenarik mungkin

f. Minta untuk melakukan food testing yang akan dihidangkan dengan porsi, potongan serta penyajian yang sama dengan saat pesta pernikahan nantinya.
9. Dokumentasi (Foto dan Video)
Foto dan video pernikahan berfungsi untuk mengabadikan setiap moment indah yang terjadi saat acara berlangsung dan merupakan dokumentasi keluarga. Fotografer dan videografer yang profesional akan menciptakan kualitas pengambilan gambar, warna, dan cetakan yang tentu profesional pula.
Langkah selanjutnya adalah membuat list atau daftar gambar yang ingin diambil. Sebelumnya, pasangan bisa melihat contoh hasil video pernikahan yang pernah diproduksi sebagai gambaran untuk membuat list gambar.
Candid
- foto yang diambil seolah – olah tanpa sengaja. Sehingga, tidak membutuhkan pose khusus yang dibuat – buat. Dalam foto jenis ini subjek tidak sadar kalo mereka menjadi objek si fotografer. Hasilnya akan terliat lebih alami dan rileks.
- Untuk foto jenis ini sebaiknya fotografel mengenal calon mempelai, minimal karakternya.
Foto dan Video Liputan
Foto maupun video liputan adalah dokumentasi yang biasa dilakukan saat hari H. Jadi sifatnya formal dan mendokumentasikan acara pernikahan sejak awal hingga akhir.
Video Klip
Biasanya merupakan kumpulan foto dari masa kecil calon pengantin yang digabung – gabungkan hingga saat acara pesta pernikahan berlangsung. Kumpulan foto dan video acara pesta pernikahan ini dikems menjadi satu kesatuan yang akhirnya dapat membentu satu jalinan cerita.
10. Dekorasi/Florist
Hampir sebagian besar dekorasi bermain di bunga atau florist yang kembali disesuaikan berdasarkan tema dan konsep acara. Misalnya untuk tema pesta musim semi, maka bunga yang banyak digunakan adalah bunga – bunga berwarna coklat, oranye, dan warna – warna gelap lainnya. Untuk merangkainya pun membutuhkan imajinasi dari perangkai, sehingga menghasilkan rangkaian yang artistik, fungsional, dan filosofis.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam membuat dekorasi:
- Sesuaikan dekorasi dengan tempat, tema, dan budget
- Bunga dan dekorasi juga berfungsi untuk menguatkan tema
- Diskusikan tema dan warna pesta pada florist/dekorator agar mereka memiliki gambaran dan bisa membuat lay out, termasuk apakah akan menggunakan bunga – bunga lokal atau impor
- Mintalah florist/dekorator memperinci ukuran, gaya, komposisi bunga, nuansa warna, serta bentuk rangkaian yang akan dibuat.
- Tanyakan berapa lama waktu untuk mendekor
- Jika akan menggunakan bunga impor, tanyakan tingkat keawetannya karena cuaca di negara kita tentu berbeda
- Bunga impor tentu harganya mahal sehingga untuk menyiasati anggaran, bisa menggunakan bunga lokal yang tidak kalah kualitasnya dengan bungan impor.
- Perjelas apa saja yang akan ditangani, misalnya dekorasi di rumah, dekorasi di tempat resepsi, dekorasi mobil pengantin, dll.
11. Souvenir
Souvenir ini perlu diberikan sebagai tanda penghargaan dan ucapan terima kasih mempelai bagi para tamu undangan karena telah meluangkan waktunya untuk datang. Souvenir yang bagus tidak harus mahal. Yang penting secara fungsional berguna bagi para tamu.

Dalam memilih souvenir, sesuaikan dengan tema pesta, karakter, minat/hobi mempelai. Selain itu perlu juga dipikirkan mengenai bentuk kemasan yang unik dan menarik. Tujuannya agar souvenir yang sederhana bisa tampak lebih istimewa dan memikat.
12. Musik dan Entertainment, MC
Musik dan entertainment berperan penting dalam mewarnai sebuah pesta pernikahan, sehingga tamu undangan tidak hanya disuguhi makanan. Pilihlah musik dan entertainment yang sesuai dengan tema dan konsep acara.
MC memegang peranan penting oleh karena itu biasanya MC menyediakan waktu khusus untuk mengobrol dengan calon mempelai agar bisa mengenal karakter, selera, dan kemauan mempelai, misalnya soal lagu favorit, tentang perjalanan kisah cinta mempelai, dll.

Jika tema yang diangkat adalah pernikahan adat maka hendaknya MC paham dengan tata urutan acara. Selalulah berpulang pada tema, begitupun untuk pemilihan MC.