Tuesday, April 26, 2011

merancang pesta ulang tahun

Saat ini, pola hidup masyarakat Indonesia telah sedikit terpengaruh oleh budaya kebarat-baratan, baik dari segi penampilan hingga gaya hidup. Seperti halnya kita sebagai kaum remaja Indonesia, sebagian besar gaya hidup cenderung mengalami pergeseran dari budaya ketimuran, kini beralih kebarat-baratan.
Contohnya seperti anggapan dari sebagaian besar kaum remaja bahwa suatu hal kewajiban untuk merayakan kedatangan usia ke 17 atau lebih dikenal dengan sebutan sweet seventeen. Berbagai perayaan besar dapat dilakukan untuk menyambut usia tujuh belas ini. Sebab dengan berlangsungnya pesta ulang tahun sweet seventeen yang meriah dan berkesan, akan menjadi peristiwa terindah dalam masa-masa remaja. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pesta ulang tahun yang berkesan dan menarik.
Berikut merupakan langkah sederhana dalam merancang pesta ulang tahun yang berkesan:
  1. Tentukan terlebih dahulu total dana yang dapat disediakan untuk acara pesta ulang tahun. Sumber dana dapat diperoleh dari orang tua atau seperempat bagian dari tabungan kita. Jangan menggunakan semua uang tabungan hanya untuk membuat suatu pesta.
  2. Tentukan lokasi acara pesta ulang tahun dengan pertimbangan dana anggaran. Seperti outdoor, indoor, di rumah, restoran, atau menyewa sebuah gedung.
  3. Membuat tim panitia acara pesta. Seperti panitia acara, konsumsi, dokumentasi, dekorasi, pencahayaan, transportasi, operasional, dan publikasi.
  4. Buatlah konsep atau tema pesta yang menarik. Tema dapat diperoleh dengan mempertimbangkan hal-hal yang disenangi oleh yang berulang tahun. Contohnya bila kita menyenangi permainan boneka Barbie mungkin bisa membuat konsep pesta topeng Barbie.
  5. Mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam pesta, seperti dekorasi, pencahayaan, dokumentasi. Biasanya, maksimal tiga bulan sebelum acara, untuk mencari rekanan yang tepat dalam penyelenggaraan pesta.
  6. Makanan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Apakah ingin menggunakan jasa katering atau ingin mengolah masakan sendiri. Bila ingin mengolah makanan sendiri, maka perhatikan sumber daya manusia, peralatan, tempat memasak, ketepatan waktu dan biaya operasional.
  7. Kue ulang tahun juga harus diperhatikan. Dari segi dekorasi kue, rasa, waktu tahan lama kue dan harganya.
  8. Buatlah konsep acara semenarik mungkin. Misalnya, acara dikombinasi dengan permainan-permainan yang menarik, sehingga semakin menghidupkan suasana pesta.
  9. Bila ingin memberikan kenang-kenangan atau souvenir, maka maksimal persiapan dilakukan dua bulan sebelum acara berlangsung. Souvenir dapat berupa kerajinan tangan, yang dapat kita lakukan sendiri.
  10. Ketika semua telah mendapat kepastian dan dipersiapkan secara matang, buatlah undangan pesta ulang tahun yang sebaiknya disebar 1-2 minggu sebelum acara berlangsung.

No comments:

Post a Comment